Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Thursday, March 5, 2015

menghitung luas dan keliling segitiga di NetBeans

langkah langkah dibawah ini menggunakan format JOptionPane dan BufferedReader

a.) Menggunakan JOptionPane

* To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
 * To change this template file, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package tugas3_segitiga_jop;

/**
 *
 * @author Admin
 */
import javax.swing.JOptionPane;
import java.io.IOException;
public class Tugas3_segitiga_Jop {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        double a,b,c,t,luas,keliling;
            try{
                JOptionPane.showMessageDialog(null,"PROGRAM PERHITUNGAN LUAS & KELILING SEGITIGA");
                a=Double.parseDouble(JOptionPane.showInputDialog("masukan nilai pertama :"));
                b=Double.parseDouble(JOptionPane.showInputDialog("masukan nilai kedua :"));
                c=Double.parseDouble(JOptionPane.showInputDialog("masukan nilai ketiga :"));
                t=Double.parseDouble(JOptionPane.showInputDialog("masukan tinggi segitiga :"));
               
                luas= 0.5*a*t;
                keliling=a+b+c;
               
                JOptionPane.showMessageDialog(null, "Luas segitiga adalah " +0.5+ " * " +a+ " * " +t+ " = " +luas+
                        "\nkeliling segitiga adalah " +a+ " + " +b+ " + " +c+ " = " +keliling);
            }catch (NumberFormatException n){
                JOptionPane.showMessageDialog(null,"sory input yang anda masukan harus angka!");
            }
        
        // TODO code application logic here
    }
   

}




b.) Menggunakan BufferedReader
/*
 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
 * To change this template file, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package tugas3_segitiga;

/**
 *
 * @author Admin
 */
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;
public class Tugas3_segitiga {
   
    
    
    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
         double a,b,c,t,luas,keliling;
    BufferedReader data = new BufferedReader( new InputStreamReader(System.in));
    a=0;
    b=0;
    c=0;
    t=0;
    luas=0;
    keliling=0;
    try{
       try{
        System.out.println("PROGRAM PERHITUNGAN LUAS & KELILING SEGITIGA");
        System.out.println("============================================");
        System.out.println("masukan nilai pertama :");
        a=Double.parseDouble(data.readLine());
        System.out.println("masukan nilai kedua :");
        b=Double.parseDouble(data.readLine());
        System.out.println("masukan nilai ketiga :");
        c=Double.parseDouble(data.readLine());
        System.out.println("masukan tinggi segitiga :");
        t=Double.parseDouble(data.readLine());
        luas= 0.5*a*t;
        System.out.println("Hasil luas segitiga" +0.5+ " * " +a+ " * " +t+ " = " +luas);
        keliling=a+b+c;
        System.out.println("hasil keliling lingkaran adalah" +a+ " + " +b+ " + " +c+ " = " +keliling);
       }catch (NumberFormatException n){
        System.out.println("sorry input yang anda masukan harus angka!!");
       }
    }catch (IOException e){
        System.out.println("sorry input yang anda masukan salah");
    
    }
        // TODO code application logic heret
    }
    
   
}


maaf gan kalo masih banyak kekurangan soalnya masih dalam tahap latihan juga :)

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 comments:

Post a Comment